Assessmen Lapangan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Enrekang
BERMAKNA BERSAMA (10/2/23). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Enrekang mengikuti proses akreditasi, yaitu tahap Asesmen Lapangan (AL) oleh tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Asesmen lapangan dilaksanakan secara luring atau tatap muka selama dua hari pada Kamis-Jumat (9-10/2/2023).
Asesmen lapangan ini diawali dengan acara
pembukaan yang berlangsung secara hikmat. Asesmen lapangan dihadiri langsung
oleh pimpinan Perguruan Tinggi yang terdiri dari Dewan Penyantun, BPH, Rektor
UNIMEN Dr. Drs. Yunus Busa, M.Si beserta Wakil Rektor 1, Wakil Rektor II, turut
hadir juga dekan dan para Wakil Dekan FKIP dan Dekan Fsaintek, Sekretaris LPM,
Ketua dan Sekretaris LP2M, Wakil Ketua LPBKUI, Sekretaris P4, Tim Akreditasi
Prodi PBI, Ketua prodi, dosen, stakeholder, tendik, dan mahasiswa dan sejumlah
pihak lainnya.
Tim asesor yang ditugaskan LAMDIK untuk melakukan
tugas visitasi lapangan terhadap Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, yaitu
Dr. Dta. Sri Surachmi W, M.Pd. dari Universitas Muria Kudus dan Suyadi, SS,
M.Ed., Ph.D. dari Universitas Borneo Tarakan. Kedua asesor diberikan tanggung
jawab oleh LAMDIK untuk melakukan konfirmasi atau verifikasi data-data yang telah
di input di IAPS dan LED dan disesuaikan dengan fakta lapangan.
Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa tim
Akreditasi PBI sudah disiapkan jauh hari sebelumnya, dan mudah-mudahan
persiapan tersebut bisa membawa perubahan demi kemajuan Universitas
Muhammadiyah Enrekang. Akreditasi PBI saat ini merupakan akreditasi yang kedua.
Rektor juga berharap kepada tim asesor untuk memberikan pembinaan dan bimbingan
sehingga PBI dapat memperoleh hasil yang terbaik. Hasil Asesmen ini akan
menunjukkan bagaimana kualitas Prodi PBI sehingga dapat menjadi pilihan
masyarakat sebagai tempat pendidikan anak-anaknya,”paparnya.
Sementara itu dalam acara pembukaan, Rektor UIN
Raden Fatah memberikan gambaran umum seputar Program Studi Pendidikan Islam
Anak Usia Dini, kesiapan mengikuti asesmen lapangan, dan sejumlah harapan.
“Kami sampaikan kepada asesor bahwa salah satu harapan besar prodi PIAUD bisa
mencapai hasil akreditasi yang terbaik. Proses akreditasi ini juga tentu bukan
sesuatu yang main-main. Hasil Asesmen ini akan menunjukkan bagaimana kualitas
Prodi PIAUD sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat pendidikan
anak-anaknya,” jelasnya.
Selanjutnya, dalam pembukaan, assessor menyampaikan
beberapa hal diantaranya bahwa Asesmen Lapangan ini merupakan tahapan proses
Akreditasi yang bertujuan untuk melakukan Verifikasi, Validasi dan Klarifikasi
terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED)
serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi. Asessor hadir bukan untuk
menghakimi, tapi ditugaskan untuk melakukan pengecekan kebenaran data baik
dokumen LED dan dokumen IAPS, wawancara, meninjau fasilitas sarana dan
prasarana serta memberikan rekomendasi pembinaan.
Kegiatan selanjutkan diserahkan sepenuhnya oleh
Tim Asesor. Pada hari kedua pelaksanaan asesmen lapangan dilanjutkan dengan
kegiatan microteaching dan wawancara kepada mahasiswa dan stakeholder yang
dilakukan oleh Tim Asesor. Dilanjutkan dengan penilaian mandiri, dan kegiatan
penutupan dengan disampaikannya hasil dan Rekomendasi oleh Tim Asesor. Seluruh
proses pelaksanaan kegiatan AL berjalan dengan lancar dan kegiatan diakhiri
dengan berfoto bersama. (iis)